SELAMAT DATANG DI SMAN 1 TELUK KUANTAN

SEKAPUR SIRIH

SimBale:


juhernaidy

SEKAPUR SIRIH


Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Blogpot SMAN 1 Teluk Kuantan Kab.Kuantan Singingi-Riau. Blogspot ini kami buat sebagai wujud kepedulian terhadap almamater yang ingin mengetahui perkembangan SMAN 1 dan juga sebagai wujud komitmen kami terhadap kepedulian teknologi informasi dalam dunia pendidikan malalui internet. Melalui Blogspot ini kami juga akan memberikan informasi-informasi sekitar sekolah, tenaga pendidik, siswa, prestasi dan fasilitas yang tersedia di SMAN 1 Teluk Kuantan . Sejalan dengan peranan meningkatnya teknologi informasi dalam dunia pendidikan maka pengelolaan dan pembelajaran di sekolah dengan dukungan teknologi sangat penting dilakukan. Hal ini dikarenakan pada kurikulum 2013 yang berbasis pada kompetensi. Disitu sudah dicanangkan sistem pembelajaran teknologi informasi dalam program intra kurikuler dan hal ini harus dilaksanakan setiap sekolah.


Wassalamualikum Wr. Wb.


Kepala Sekolah SMAN 1 Teluk Kuantan




SAPRIANTO ELDI,S.Pd.I
NIP.197612172009031001

Kamis, 04 Desember 2014

Monitoring dan Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013

Tim Monitoring dan Evaluasi Implementasi Kurtilas baik yang dari pusat  maupun yang dari Tingkat Provinsi mengadakan temuramah baik dengan Guru Program Wajib A dan B maupun dengan siswa.
Tim Monev berhadapan langsung dengan siswa di setiap mata pelajaran pada Program wajib A dan program wajib B,melalui interviu Tim Monev menanyakan kepada setiap siswa tentang kesuaian buku sebagai pegangan siswa berdasarkan angket/kuis yang diisi siswa dan tak kalah pentingnya bagaimana Kurtilas ini kedepan . Dan demikian juga Guru ditanya tentang kesesuaian buku pegangan dan strategi mengajar serta aplikasi dalam keseharian dengan berdasarkan angket yang diisi oleh Guru mapun siswa. Dan tak lupa Tim Monev membicarakan secara detail mengenai hal-hal sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup Implementasi Kurikulum Memastikan pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan konsep dan rancangan Kurikulum 2013:
 - Buku
 - Penulisan
 - Penggandaan dan distribusi
 - Guru: - Pelatihan - pendampingan Ruang Lingkup Implementasi PENGADAAN BUKU PELATIHAN GURU Variabel Implementasi: - Jumlah Sekolah - Lokasi Sekolah - Jumlah Siswa - Jumlah Guru - Kualitas Guru PENDAMPINGAN GURU PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

2. Faktor Keberhasilan Implementasi Kurikulum Ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum, Kurikulum Penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan Faktor Penentu Lulusan yang Kompeten Peserta Didik Kesesuaian kompetensi PTK dengan kurikulum dan buku teks Penguatan manajemen dan Faktor budaya sekolah Pendukung

3. Peran dan Ruang Lingkup Monitoring dan Evaluasi Memastikan kurikulum dijalankan sesuai dengan ide, konsep, dan rancangannya:
o    Tepat waktu
o    Tepat jumlah
o    Tepat mutu
o    Tepat anggaran
o     Prosedur Operasi Standar Satker UIK PERAN PEMERINTAH/PEMERINTAH PROVINSI/KAB/KOTA PENGADAAN BUKU PELATIHAN GURU, PENDAMPINGAN GURU PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MONEV IMPLEMENTASI KURIKULUM PERAN PEMERINTAH/PEMERINTAH PROVINSI/KAB/KOTA.
Pengertian Monitoring dan Evaluasi
Ø  Monitoring adalah proses mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang suatu kegiatan yang sedang berlangsung.
Ø  Evaluasi adalah proses:
Ø  membandingkan
Ø  menganalisis, dan
Ø   memutuskan hasil dari suatu kegiatan terhadap kriteria dan tujuan yang telah ditetapkan
Ø  Bila evaluasi dilakukan bersamaan dengan monitoring, maka evaluasi tersebut adalah bersifat formative (memastikan bahwa projek yang sedang berjalan tersebut akan berhasil sesuai dengan yang diharapkan).
Ø  Hasil monev dapat dipersiapkan sebagai bahan evaluasi summatif (mengambil pelajaran dari projek yang sudah diselesaikan untuk dipergunakan pada projek berikutnya)

4.           Peta perjalanan Kurikulum 2013,  2011-2012, 2013-2016 2012-2013 Pengembangan Persiapan -Kurikulum -Buku -Guru -KS & PS Reflektif Korektif Reflektif Korektif 2016-dst Pelaksanaan Bertahap: Pelaksanaan Menyeluruh: -Sekolah -Guru, KS, PS -Siswa -Sekolah -Guru, KS, PS -Siswa Reflektif Sumatif Pemantauan dan Evaluasi Implementasi Pemantauan dan Evaluasi Kurikulum Saat Ini
5.    Kedudukan dan Proses Monev Monitoring dan Evaluasi Rencana Simpangan Analisis Kesesuaian Pelaksanaan Monitoring Analisis Sebab - Pengamatan Wawancara Mengisi Formulir Pertemuan Kelompok Penyesuaian

6.            Kerangka Monev Penyiapan Penggandaan & Distribusi Pelatihan Pendampingan Buku Pelaksanaan Pembelajaran Guru Manajemen dan Budaya Proses Pembelajaran Penilaian Pembelajaran Manajemen Pembelajaran Layanan Kesiswaan Responden: Guru, KS, PS, Siswa, Orang Tua, Komite Sekolah.

7.           Monev Pengadaan Buku Ukuran Indikator Tepat waktu, Tepat waktu penulisan dan penilaian Tepat waktu diterima guru sebelum pelatihan Tepat waktu diterima siswa sebelum semesteran dimulai Tepat Jumlah, Tepat jumlah buku guru terhadap jumlah guru ,Tepat jumlah buku siswa terhadap jumlah siswa dan guru ,Tepat Mutu Mutu isi buku:
·         Kebenaran
·          Kesesuaian
·         Kelengkapan
Keterbacaan Mutu Penulis/Penelaah/Penilai Mutu fisik buku:
·         Mutu kertas
·          Mutu warna
·          Mutu sampul
·          Mutu cetakan
·         Tata letak
·          Kelengkapan halaman, Mutu Pemasok/Percetakan

Demikian penjelasan singkat tentang Monev,semoga bermanfaat (@fisma_id)

0 comments:

Posting Komentar