SELAMAT DATANG DI SMAN 1 TELUK KUANTAN

SEKAPUR SIRIH

SimBale:


juhernaidy

SEKAPUR SIRIH


Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Blogpot SMAN 1 Teluk Kuantan Kab.Kuantan Singingi-Riau. Blogspot ini kami buat sebagai wujud kepedulian terhadap almamater yang ingin mengetahui perkembangan SMAN 1 dan juga sebagai wujud komitmen kami terhadap kepedulian teknologi informasi dalam dunia pendidikan malalui internet. Melalui Blogspot ini kami juga akan memberikan informasi-informasi sekitar sekolah, tenaga pendidik, siswa, prestasi dan fasilitas yang tersedia di SMAN 1 Teluk Kuantan . Sejalan dengan peranan meningkatnya teknologi informasi dalam dunia pendidikan maka pengelolaan dan pembelajaran di sekolah dengan dukungan teknologi sangat penting dilakukan. Hal ini dikarenakan pada kurikulum 2013 yang berbasis pada kompetensi. Disitu sudah dicanangkan sistem pembelajaran teknologi informasi dalam program intra kurikuler dan hal ini harus dilaksanakan setiap sekolah.


Wassalamualikum Wr. Wb.


Kepala Sekolah SMAN 1 Teluk Kuantan




SAPRIANTO ELDI,S.Pd.I
NIP.197612172009031001

Senin, 26 April 2010

INVENTARIS LAB.FISIKA

TATA TERTIB LAB

Tata Tertib Praktikum Lab.Fisika
SMA NEGERI 1 TELUK KUANTAN
1. Praktikan harus hadir 15 menit sebelum praktikum dimulai.
2. Bagi praktikan yang terlambat lebih dari 10 menit tanpa alasan yang dapat diterima, tidak dapat diperkenankan mengikuti praktikum.
3. Ketika memasuki laboratorium, Praktikan
o Harus tenang, tertib dan sopan.
o Berpakaian yang rapi dan sopan. Tidak diperkenankan memakai kaos tanpa krah (T-Shirt) atau celana pendek.
o Dilarang membawa barang – barang yang tidak berhubungan dengan praktikum.
o Dilarang makan maupun minum ketika praktikum berlangsung.
4. Praktikan wajib menghadiri pengarahan (briefing) praktikum pada awal praktikum.
5. Praktikan harus mengganti alat – alat yang rusak/hilang selama praktikum berlangsung, dengan alat yang sama, sebelum melanjutkan praktikum minggu berikutnya.
6. Selama praktikum, praktikan:
o Dilarang meninggalkan ruangan tanpa seizin Guru Pembimbing atau kepala laboratorium.
o Harus menjaga keselamatan diri, alat – alat, kebersihan laboratorium dan ketertiban.
o Harus memperoleh data dari hasil melakukan percobaan sendiri, bila menyalin data dari kelompok lain, praktikum hari tersebut dapat digagalkan.
o Menciptakan suasana yang ilmiah dengan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hal – hal yang perlu bagi menunjang teori.
7. Setelah percobaan selesai dan disetujui Guru Pembimbing, praktikan :
o Melaporkan kelengkapan alat – alat yang digunakan kepada Guru Pembimbing yang bersangkutan.
o Menuliskan data pada “ Lembar data Pengamatan” yang diberikan oleh Guru Pembimbing.
o Harus meminta tanda tangan Guru Pembimbing pada lembar data pengamatan .
8. Praktikan dapat diberikan peringatan, dikeluarkan ataupun digagalkan jika melanggar tata tertib ini.
9. Tata tertib ini untuk dilaksanakan dengan penuh kesadaran.

PROGRAM LAB.FISIKA SMAN 1 TELUK KUANTAN

PROGRAM LAB.FISIKA SMAN 1 TELUK KUANTAN

PROGRAM LAB.FISIKA SMAN 1 TELUK KUANTAN

Prediksi UN SMA 2009/2010


Bagi yang masih mencari soal-soal prediksi UN SMP dan SMA 2009/2010, ini adaFree Download Soal UN 2010 SMP SMA Terbaru untuk pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Bahasa Inggris, PPkn, untuk SLTP, SMU gratis Ujian Nasional guna mempersiapkan Un 2010 yang sebentar lagi akan digelar.

Download Soal UN SMA Bahasa Indonesia
Download Soal UN SMA Bahasa Inggris
Download Soal UN SMA Biologi
Download Soal UN SMA Matematika IPS
Download Soal UN SMA Ekonomi
Download Soal UN SMA Anthropologi
Download Soal UN SMA Geografi
Download Soal UN SMA Fisika
Download Soal UN SMA Matematika IPA
Download Soal UN SMA Kimia
Download Soal UN SMA Tata Negara
Download Soal UN SMA Sosiolog

Tagged as : ujian nasional 2010, download soal un 2010, ujian nasional sma 2010, ujian nasional smp 2010,

Prediksi UN SMP 2009/2010

Bagi yang masih mencari soal-soal prediksi UN SMP dan SMA 2009/2010, ini adaFree Download Soal UN 2010 SMP SMA Terbaru untuk pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Bahasa Inggris, PPkn, untuk SLTP, SMU gratis Ujian Nasional guna mempersiapkan Un 2010 yang sebentar lagi akan digelar.
Download Soal UN Matematika SMP 1
Download Soal UN Matematika SMP 2
Download Soal UN Matematika SMP 3
Download Soal UN Bahasa Indonesia SMP
Download Soal Tryout Bahasa Indonesia SMP
Download Soal UN IPA
Download Soal UN IPS
Download Soal UN Bahasa Inggris
Download Soal Tryout Bahasa Inggris
Download Soal UN PPKN

Bank Soal-soal Latihan Persiapan UASBN SD 2009-2010

Anak-anakku sebagai tongkat estapet Bangsa, yang akan menghadapi UASBN pada bulan Mei mendatang,jadi anak sekalian haruslah mempersiapan diri untuk menghadapi UASBN Th ajaran 2009-2010. silahkan download dibawah ini “free” , semoga anak-anak/para pelajar berhasil menempuh UASBN dengan hasil yang memuaskan.


UASBN 2009-2010 sudah dekat saatnya kita mempersiapkan para siswa untuk berlatih dan membiasakan menghadapi ujian tersebut. Tentunya latihan tersebut harus mengedepankan kemampuan dan kondisi para siswa bukan tekanan atau paksaan untuk mengangkat gengsi sekolah sehingga segala cara harus dihalalkan. Ajarkan siswa kita kejujuran dan percaya pada kemampuan diri sendiri melalui latihan –latihan yang kontinyu.
Prediksi UASBN 2009-2010 Telah Saya Terbitkan ,Klik disini

5. Kesimpulan dan Saran-saran

5. Kesimpulan dan Saran-saran
  1. Kesimpulan
    Uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Program Kerja Tahunan SMA Negeri 77 Jakarta ini menyangkut 3 unsur pokok, yaitu manusia sebagai unsur pokok, material sebagai unsur pendukung pelaksana dan Program Kerja sebagai pedoman/acuan dari setiap kegiatan.
    Unsur utama dari pelaksanaan kegiatan meliputi seluruh guru, pegawai, siswa dan Komite Sekolah. Peran serta yang aktif dari semua pihak sesuai dengan tugas dan fungsinya sangat diharapkan.
    Tanpa kerja sama yang baik antara pihak-pihak yang terkait, maka tujuan seperti yang tertera dalam Program Kerja Tahunan SMA Negeri 1 Teluk Kuantan tahun pelajaran 2009/2010
    sulit untuk dicapai.
  2. Saran-saran
    1. Program Kerja Tahunan ini harap dipahami oleh semua unsur yang terkait, selanjutnya dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.
    2. Dengan diterbitkannya Program Kerja Tahunan Sekolah ini diharapkan semua unsur yang terkait di dalamnya dapat mengevaluasi tugasnya masing-masing, baik pada waktu diperlukan atau pada waktu tertentu secara berkala.
    3. Agar Staf Pimpinan dapat membantu Kepala Sekolah di dalam mengembangkan dan membina kekeluargaan yang harmonis di antara unsur terkait dalam melaksanakan tugasnya dapat saling asah, saling asih dan saling asuh sehingga dapat mencerminkan iklim kerja yang kondusif dan pada akhirnya tujuan Pendidikan Nasional dapat tercapai. Semoga.

4.3. Hasil yang diharapkan

4.3. Hasil yang diharapkan
  1. Siswa memiliki kemantapan dan kepercayaan diri dalam menghadapi Tray out UN dan UN tahun pelajaran 2009/2010
  2. Siswa memiliki kesiapan yang matang dalam menghadapi UAS/UN tahun pelajaran 2009/2010
  3. Siswa memperoleh nilai UN yang maksimal sesuai dengan harapan sekolah.
  4. Menaikkan peringkat sekolah dari tahun pelajaran sebelumnya.
  5. Insya Allah bias meningkatkan Prosentasi penerimaan di Perguruan Tinggi Negeri.

4.2. Pelaksanaan

4.2. Pelaksanaan

Siswa SMA Negeri 1 Teluk Kuantan harus mengikuti program khusus ini karena waktu pelaksanaannya pada waktu Ekstra Kurikuler dengan tidak mengurangi jam Intra Kurikuler yang diwajibkan.
Pelatihan soal-soal akan diawasi langsung oleh guru mata pelajaran atau petugas lain yang ditunjuk. Pemecahan soal-soal yang bermasalah dilakukan oleh guru mata pelajaran pada jam tatap muka dengan program khusus ini.


Peserta program khusus bimbingan belajar bagi siswa kelas XII dan Sanggar kelas X dan XI SMA Negeri 1 Teluk Kuantan yang terdiri atas :
  1. Siswa kelas 10 sebanyak
  2. Siswa kelas 11 sebanyak
  3. Siswa kelas 12 IPA sebanyak
  4. Siswa kelas 12 IPS sebanyak
=
=
=
=

...
...
...
...
siswa
siswa
siswa
siswa











Pembimbing dalam pelaksanaan program khusus bimbingan belajar ini adalah guru-guru SMA
Negeri 1  Taluk Kuantan mata pelajaran yang di UN kan baik jurusan IPA maupun IPS.

4.1. Latar Belakang Tujuan, Sasaran dan Materi

4.1. Latar Belakang Tujuan, Sasaran dan Materi

Salah satu faktor keberhasilan program sekolah ditentukan oleh mutu kelulusan. Mutu ini secara tidak langsung tercermin dari perolehan nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) siswa dan hal-hal terkait.
Upaya dalam peningkatan mutu kelulusan telah dilakukan dengan berbagai cara, akan tetapi hasil yang diharapkan belum menggembirakan. Tetapi dari perolehan UAN siswa SMA Negeri 77 Jakarta masih berada di kelompok B.
Bertitik tolak dari masalah tersebut di atas kiranya masih terus perlu memacu aktivitas dan kiat-kiat tertentu, agar harapan untuk meningkatkan mutu kelulusan ini dapat tercapai. Salah satunya adalah mengarah pada pelatihan soal-soal, menemukan jawabannya dan memecahkan permasalahannya khusus soal-soal yang bermasalah (sulit).
Tujuan Umum
 
:
 
Meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan
 
Tujuan Khusus :Tujuan khusus yang hendak dicapai dalam program khusus khusus bimbingan belajar adalah :
  1. Meningkatkan perolehan UAN siswa SMA Negeri 1 Teluk Kuantan tahun pelajaran 2009/2010.
  2. Memperkenalkan lebih dini kepada para siswa kelas XI model soal komputerisasi.
  3. Memantapkan kesiapan para siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Teluk Kuantan dalam menghadapi UAS/UAN tahun pelajaran 2009/2010.
  4. Meningkatkan perolehan nilai hasil Ulangan Umum Bersama
Sasaran dalam pelaksanaan program khusus bimbingan belajar ini adalah para siswa kelas 10,11 dan 12 SMA Negeri 1 Teluk Kuantan termasuk semua program. Adapun materi bahan latihan yang akan digunakan adalah soal-soal yang diambil dari:
  1. Buku kumpulan soal-soal
  2. Buku-buku bimbingan belajar
  3. Naskah soal-soal Ujian Akhir Nasional (UAN)
  4. Rangkuman pelajaran kelas 10, 11 dan 12.
  5. Khusus kelas I dan II hanya diberikan bimbingan bellajar saja.

3.11. Lain-lain yang bersifat Khusus

3.11. Lain-lain yang bersifat Khusus

Program kerja yang sudah tersusun dengan baik atau berdasarkan pertimbangan skala prioritas, terkandung dalam gerak pelaksanaannya itu ada juga kemungkinan terjadinya hal-hal insidentil yang semula tidak termasuk dalam program, tetapi keadaan dan masalah insidentil tersebut memerlukan penanganan dan penyelesaian yang mendesak.
Hal-hal tersebut di atas dapat terjadi dikarenakan keadaan dan kondisi lingkungan, buku peraturan dan
karena hal lain.
Dalam situasi demikian Kepala Sekolah dapat mengambil kebijaksanaan seperlunya, dengan tidak menutup kemungkinan koordinasi dengan Pengurus Komite Sekolah maupun menerima petunjuk dari pejabat yang berwenang.

3.10. Peran Komite Sekolah

3.10. Peran Komite Sekolah

Sebagaimana terbentuknya Komite Sekolah, yakni untuk membantu penyelenggaraan proses belajar mengajar dengan baik dan lancer serta mengacu pada tujuan pendidikan nasional, maka peranan Komite Sekolah di SMA Negeri 1 Teluk kuantan dari tahun ke tahun semakin besar manfaatnya sehingga berhasil guna dan berdaya guna.

3.9. Hubungan Masyarakat

3.9. Hubungan Masyarakat

Sekolah merupakan Institusi Pendidikan yang menunjang pembangunan masyarakat, karena itu hubungan sekolah dengan masyarakat harus dipelihara dengan baik dan berkesinambungan.

Pada dasarnya hubungan dapat dilandasi karena kepentingan timbal balik yang memberikan manfaat kepada dua belah pihak, baik sekolah maupun masyarakat. Dapat juga bersifat sukarela berdasarkan keyakinan dan akhirnya masyarakat juga turut bertanggung jawab. Untuk mewujudkan hal tersebut harus dilaksanakan :
  1. Hubungan sekolah dengan orang tua murid dengan pengurus Komite
  2. Hubungan sekolah dengan lingkungan sekolah
  3. Hubungan sekolah dengan Instansi Pemerintah setempat
  4. Mengadakan bakti social :
    1. kegiatan dalam bidang PMI/PMR
    2. memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam
    3. memberikan bantuan Beasiswa untuk anak yang kurang mampu
    4. menyediakan fasilitas sekolah untuk keperluan masyarakat sepanjang tidak mengganggu dan merugikan sekolah

3.8. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

3.8. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

Sarana dan Prasarana yang ada harus dipelihara dan dirawat dengan baik secara berkala maupun setiap saat, agar dapat dimanfaatkan lebih lama. Hal tersebut dilaksanakan dalam bentuk :
  1. Perbaikan lampu-lampu penerangan ruangan belajar
  2. Perbaikan/penggantian instalasi listrik, telepon maupun air
  3. Perbaikan mesin-mesin kantor (tik/computer/dll)
  4. Perbaikan meja/kursi belajar siswa
  5. Pemeliharaan/perawatan gedung sekolah
  6. Pemeliharaan/perawatan tempat ibadah

3.7. Pengadaan dan Penambahan Sarana/Prasarana

3.7. Pengadaan dan Penambahan Sarana/Prasarana

Dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar dapat terlaksana dengan lancar tidak terlepas dari tersedianya Sarana/Prasarana berdasarkan rencana penerimaan anggaran yang tersedia untuk sector pengadaan sarana/prasarana pada tahun pelajaran 2009/2010. Anggaran tersebut telah dialokasikan untuk memenuhi sebagian kebutuhan yang mendesak, yaitu :
  1. Penambahan alat-alat praktikum IPA
  2. Perbaikan pagar halaman
  3. Perbaikan meja/kursi Lab. IPA
  4. Penambahan Lemari Data di Tata Usaha
  5. Pembelian lemari alat/bahan untuk Lab. Kimia
  6. Pembelian lemari/rak buku di Perpustakaan
  7. Perbaikan teras kantin dengan lantai dari con block
  8. Pengadaan/penambahan pot-pot kembang dan tanaman hias untuk taman.
  9. Penambahan alat-alat upacara (sound system)
  10. Renovasi ruang Tata Usaha
  11. Pemasangan AC/kipas angin di ruang kelas belajar siswa
  12. Penggantian papan tulis dengan white board yang belum diganti serta perawatan yang ada.

3.6. Inventarisasi

3.6. Inventarisasi

Tiap sekolah wajib melaksanakan administrasi sendiri terhadap barang-barang milik Negara yang diurus dan dikuasai secara terinci, lengkap dan teratur.
  1. Membukukan barang-barang inventaris pada Buku Induk Barang Inventaris dan Buku Golongan Barang Inventaris
  2. Pemberian nomor kode barang pada barang-barang Inventaris
  3. Membuat laporan Bulanan, Triwulan tentang mutasi barang Inventaris dan rekapitulasi barang Inventaris serta laporan Tahunan barang Inventaris
  4. Mengajukan usul penghapusan barang Inventaris untuk barang-barang yang dapat dimanfaatkan ataupun diperbaiki lagi.

3.5. Keuangan

3.5. Keuangan
  1. Permintaan SKO DIK
  2. Menyusun RAPBS
  3. Mengajukan permohonan dana Operasional dan Perawatan Fasilitas Dikdasmen (OPFD).
  4. Bersama-sama dengan pengurus Komite Sekolah menyusun rencana penggunaan uang Sumbangan Anggota Baru (SAB) tahun pelajaran berjalan
  5. Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) sesuai dengan rencana kebutuhan
  6. Pertanggungjawaban (SPJ) semua dana/anggaran yang diterima dan penggunaannya sesuai dengan aturan/ketentuan yang berlaku
  7. Kesra

3.4. Kepegawaian

3.4. Kepegawaian
  1. Pemantapan sumber daya personil, yaitu guru dan pegawai semaksimal mungkin sesuai dengan bidang keahliannya dengan menyusun tugas dan wewenang serta tanggung jawab masing-masing.
  2. Melaksanakan pembinaan dengan mengikutsertakan personil untuk latihan LKG, MGMP dan Sanggar. Memberikan kesempatan bagi guru dan pegawai yang bermaksud melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan biaya sendiri sepanjang tidak mengganggu tugas-tugas di sekolah.
  3. Memperhatikan dan meningkatkan kesejahteraan personil dan keluarganya agar hidup lebih layak dan lebih mempertinggi dedikasi/pengabdian dan tanggung jawab dengan kemampuan-kemampuan sekolah.
  4. Melengkapi data Buku Induk Pegawai dan Kartu Pegawai setiap saat ada mutasi kepegawaian dan kepangkatan.
  5. Menyusun jadwal dan penyelesaian kenaikan gaji berkala dan kenaikan pangkat/golongan.
  6. Memproses usul Penetapan Angka Kredit (PAK) Jabatan Guru
  7. Membuat Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) dan penyelesaiannya Sudin Dikmenti Jakarta Pusat untuk guru dan Kaur Tata Usaha, untuk Kepala Sekolah sampai Dinas Dikmenti DKI Jakarta
  8. Menyusun Daftar Urut Kepangkatan
  9. Pemberian izin cuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  10. Memberikan penghargaan kepada guru, pegawai yang berprestasi luar biasa
  11. Pengusulan guru/pegawai honorer untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil

URAIAN

3. Uraian Singkat Program Masing-Masing bidang
 3.1. Umum
Kegiatan Bidang Umum dan Program Kerja ini diartikan sebagai kegiatan yang sifatnya sudah terbina dalam hidupnya sehari-hari serta kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan/dikerjakan di sekolah.

Kegiatan-kegiatan tersebut ada yang sulit diukur kuantitasnya dan ada juga yang tetap atau di jadwal, namun kesemuanya itu tidak berhubungan langsung dengan proses belajar mengajar dan tidak terlalu banyak membebani anggaran sekolah.

Kegiatan-kegiatan tersebut berupa :
  1. Pelayanan terhadap tamu dinas, orang tua wali murid
  2. Pelaksanaan peringatan hari-hari besar keagamaan
  3. Pelaksanaan Upacara Bendera secara rutin :
    1. Penaikan Bendera Merah Putih pada hari Senin
    2. Upacara hari-hari besar Nasional
    3. Bakti social
    4. Memanggil Tripida setempat untuk menjadi Pembina Upacara (setiap akhir bulan)
  4. Melaksanakan senam kesegaran jasmani (skj)
  5. Melaksanakan pemantapan 7 K, yakni :
    1. Keamanan
    2. Ketertiban
    3. Kebersihan
    4. Keindahan
    5. Kekeluargaan
    6. Kerindangan
    7. Keasrian
  6. Melaksanakan kegiatan mental spiritual.
  7. Melaksanakan pemantapan sekolah sebagai Wawasan Wiyatamandala, yakni terciptanya sekolah yang benar-benar berfungsi sebagai lingkungan pendidikan.

HASIL UN 2009/2010 SMA N 1 Teluk Kuantan

Hasil Kelulusan UN 2009-2010 SMA N 1 TELUK KUANTAN





TABEL UN 2010

Buat Kab.Kuantan Singingi Ujian Nasional 2 tahun terakhir ini cukup membanggakan Pemda ,namun .................