SELAMAT DATANG DI SMAN 1 TELUK KUANTAN

SEKAPUR SIRIH

SimBale:


juhernaidy

SEKAPUR SIRIH


Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Blogpot SMAN 1 Teluk Kuantan Kab.Kuantan Singingi-Riau. Blogspot ini kami buat sebagai wujud kepedulian terhadap almamater yang ingin mengetahui perkembangan SMAN 1 dan juga sebagai wujud komitmen kami terhadap kepedulian teknologi informasi dalam dunia pendidikan malalui internet. Melalui Blogspot ini kami juga akan memberikan informasi-informasi sekitar sekolah, tenaga pendidik, siswa, prestasi dan fasilitas yang tersedia di SMAN 1 Teluk Kuantan . Sejalan dengan peranan meningkatnya teknologi informasi dalam dunia pendidikan maka pengelolaan dan pembelajaran di sekolah dengan dukungan teknologi sangat penting dilakukan. Hal ini dikarenakan pada kurikulum 2013 yang berbasis pada kompetensi. Disitu sudah dicanangkan sistem pembelajaran teknologi informasi dalam program intra kurikuler dan hal ini harus dilaksanakan setiap sekolah.


Wassalamualikum Wr. Wb.


Kepala Sekolah SMAN 1 Teluk Kuantan




SAPRIANTO ELDI,S.Pd.I
NIP.197612172009031001

Rabu, 01 Agustus 2012

PGRI: Uji Kompetensi Bukan untuk Peningkatan Mutu

Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo mengatakan, pemerintah harus meluruskan motivasi yang melatari pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG). Menurutnya, pelaksanaan UKG jangan didasari alasan belum baiknya kompetensi guru. 

"Jangan berpikir karena guru kompetensinya belum baik, terus di- UKG-kan. Alasan itu sama dengan menghina atau menghukum guru," kata Sulistiyo kepada Kompas.com, Kamis (26/7/2012), di Jakarta.

Ia menegaskan, kompetensi dan profesionalitas guru tak akan meningkat jika pemerintah hanya melakukan UKG. Peningkatan kompetensi dan profesionalitas, menurut Sulistyo, hanya bisa dilakuan dengan pembinaan, diklat, dan kegiatan ilmiah yg tepat, di samping kesadaran dari guru yg bersangkutan.

"Jadi, salah jika sangat bernafsu menguji guru untuk peningkatan mutu," ungkapnya.

PGRI sendiri mendukung pelaksanaan UKG. Akan tetapi, tujuannya untuk memperoleh peta kompetensi guru yang akan melahirkan klasifikasi kompetensi guru. Selanjutnya, hasil UKG harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan melakukan pembinaan yang komprehensif.

"Banyak kebijakan tentang guru yang tidak kontekstual dan riil. Mudah-mudahan UKG ini berjalan baik," kata Sulistyo.

Sebelumnya, Ketua Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Syawal Gultom mengatakan, uji kompetensi bagi guru bersertifikat dilakukan secara bertahap pada akhir Juli-September tahun ini.

UKG dibutuhkan untuk pemetaan kompetensi guru yang menjadi titik awal pembinaan dan penilaian kinerja guru. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan guru untuk mengikuti UKG.

Untuk tahun ini, uji kompetensi bagi guru bersertifikat diikuti 1.020.000 guru di jenjang TK-SMA/SMK sederajat. Hingga saat ini, terdata 3.000 lokasi ujian.

Terkait adanya ancaman boikot sejumlah organisasi guru, Syawal meminta guru untuk tidak khawatir dengan uji kompetensi ini karena tujuannya untuk pemetaan, bukan kelulusan atau berkaitan dengan pembayaran tunjangan profesi guru.

Jangan berpikir karena guru kompetensinya belum baik, terus di- UKG-kan. Alasan itu sama dengan menghina atau menghukum guru
-- Ketua PB PGRI Sulistyo
 Sumber: KOMPAS.com

Ujian kompetensi guru "online" terganggu koneksi Internet


 Ujian kompetensi guru atau UKG 2012 yang dilakukan secara "online" pada hari pertama di Teluk Kuantan, Senin, terkendala gangguan koneksi Internet.

"Ada kendala koneksi jaringan ke pusat sekitar pukul 08.30 WIB, sehingga para peserta harus menunggu untuk bisa tersambung. Namun, meski mengalami kendala, jatah waktu guru untuk melaksanakan UKG tidak dikurangi," 


Sehingga UKG baru dapat dimulai sekitar jam 10.00 wib


Sementara disinggung soal keresahan sejumlah guru di kota Teluk Kuantan karena UKG tersebut akan mempengaruhi tunjangan profesi guru-guru bersertifikasi,Mendikbud mengatakan UKG tidak ada kaitannya dengan pemotongan terhadap tunjangan profesi.

"Tidak ada pemotongan yang akan dilakukan pemerintah karena tidak lulus UKG ini, jadi buat apa resah. Ini hanya sebagai cara pemetaan terhadap kualitas guru yang telah bersertifikasi," katanya.

Contoh Soal UKG Pedagogik SD, SDLB, TK, SMP, SMA, dan SMK

UKG pedagogik bertujuan mengukur kompetensi pedagogik dalam domain content. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.

Contoh Soal UKG Pedagogik SD



  1. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD dari aspek sosial yaitu ....
    1. mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
    2. berperan serta dalam permainan logika
    3. menyukai teman sebaya lawan jenis
    4. dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama

  2. Anak usia SD sering disebut “usia berkelompok”. Hal tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak aspek ….
    1. intelektual
    2. emosional
    3. sosial
    4. moral


  3. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SDditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
    1. menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
    2. memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
    3. penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
    4. memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat


  4. Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan …
    1. penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
    2. berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
    3. mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang
    4. memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain

  5. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD aspek emosional, kecuali ....
    1. kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
    2. mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
    3. menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
    4. memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis

  6. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali …
    1. trial and error
    2. pendidikan langsun,
    3. identifikasi
    4. observasi

  7. Mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia SD yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap …
    1. masalah sosial
    2. tubuh manusia
    3. kesehatan manusia
    4. bidang olahraga


  8. Dalam pembelajaran PKn, guru kelas SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: “Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat”, kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah …
    1. mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
    2. mengenal lingkungan rumah dan sekolah
    3. melaksanakan hidup rukun di masyarakat
    4. mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah


  9. Dalam pembelajaraan Matematika, ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap …
    1. kesehatan
    2. status
    3. penampilan
    4. pekerjaan


  10. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, saat ada siswa yang sangat ingin memerankan tokoh dongeng yang disukainya berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap …
    1. penampilan
    2. pekerjaan
    3. sekolah
    4. status


  11. Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …

    1. kesehatan
    2. seks
    3. penampilan
    4. pekerjaan


  12. Mata pelajaran IPS ‘minat siswa terhadap lambang status’. Salah satunya adalah …
    1. nama-nama keluarga
    2. penampilan diri
    3. ikatan kekerabatan
    4. jenis pekerjaan orang tua


  13. Sebelum mempelajari :’Perkalian bilangan’, kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan …
    1. membagi
    2. menjumlah
    3. mengurang
    4. menghitung


  14. Untuk kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan …
    1. membuat karangan deskriptif
    2. melengkapi kalimat belum selesai
    3. menyusun kalimat sederhana
    4. membaca kalimat sederhana


  15. Kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala alam yang terjadi negara tetangga’, adalah …
    1. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
    2. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
    3. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
    4. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika


  16. Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali …
    1. artikulasi
    2. suara
    3. kosakata
    4. kelancaran


  17. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia SD, kecuali …
    1. performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
    2. adanya gangguan hubungan keruangan
    3. kesulitan dalam bahasa dan membaca
    4. gangguan mengenal dan memahami simbol


  18. Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah …
    1. merumuskan alternatif pemecahan masalah
    2. menangkap makna secara penuh
    3. mengingat kembali kata-kata
    4. membandingkan informasi yang diterima